Sabtu, 18 Mei 2013

KOORDINASI GERAK



PENGERTIAN KOORDINASI

Koordinasi adalah kemampuan biomotorik yang sangat kompleks. Koordinasi erat hubungannya  dengan kecepatan, kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas Bompa (1983), dan sangat penting untuk mempelajari dan menyempurnakan teknik dan taktik
Jadi menurut pengertian di atas Koordinasi merupakan kemampuan biomotorik yang kompleks dan memiliki hubungan yang erat dengan kecepatan, kekuatan, daya tahan,  kelentukan, dan keseimbangan.
Selain itu Koordinasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan gerakan dari berbagai tingkat kesukaran dengan cepat dan efisien dan penuh ketepatan. Kemahiran dalam menguasai suatu gerakan sangat diperlukan guna mendapatkan efisiensi gerak.
 Latihan koordinasi yang baik adalah dengan melakukan berbagai variasi gerak keterampilan. Atlet-atlet yang mempunyai spesialisasi suatu cabang olahraga tertentu sebaiknya dilibatkan dalam keterampilan dalam berbagai cabang olahraga lainnya
Untuk mendapatkan suatu keterampilan yang baik seorang atlet harus diberikan bentuk-bentuk latihan koordinasi baik latihan dengan perubahan kecepatan dan irama, atau dengan berlatih cabang olahraga lain.
Pendapat lain tentang koordinasi adalah pengabungan dan penyesuaian gerak-gerak tersendiri menjadi pola gerak terkombinasikan (teknik khas). Pengabungan gerak-gerak dasar yang terkoordinir dengan rapi, sehingga dapat memberikan suatu irama gerak yang khas.
            Menurut M. Sajoto Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan bermacam-macam gerakan yang berbeda-beda kedalam pola gerak tunggal secara efektif.
Tingkat koordinasi seseorang tercermin dalam kemampuan untuk melakukan suatu gerakan yang berbeda-beda secara mulus, tepat, dan efisien dalam satu pola gerakan tunggal. Bagi seorang atlet kondisi seperti ini perlu dikuasai dengan sempurna untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk meningkakan kemampuan berlari.
Sedangkan menurut Sugianto bahwa koordinasi adalah kemampuan untuk mengatasi keserasian gerak bagian-bagian tubuh, kemampuan ini berkembang dengan kontrol tubuh
Seorang atlet yang memiliki kemampuan koordinasi yang baik, bukan hanya mampu melakukan keterampilan secara sempurna, akan tetapi juga dengan mudah dan tepat melakukan keterampilan yang sulit yang baginya. Selain itu juga dapat mengubah dan mengontrol irama langkah sehingga gerakan menjadi efisien.
Perkembangan koordinasi adalah kemampuan untuk mengatur keserasian gerak bagian-bagian tubuh. Bagian-bagian anggota tubuh yang terkoordinir sangatlah berpengaruh terhadap keharmonisan gerak.
Koordinasi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu tugas fisik secara cepat. Dengan kemampuan koordinasi yang baik dan benar, sehingga tenaga dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu gerakan lebih efisien.
Dari beberapa pendapat para ahli tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa koordinasi adalah kemampuan untuk dapat melakukan dan menguasai bermacam-macam gerakan yang berbeda-beda serta dapat dikombinasikan menjadi satu kesatuan gerak yang terkoordinir sehingga menghasilkan efisiensi dan keharmonisan gerak.