Sabtu, 18 Mei 2013

DIET SEHAT



Kata diet pasti udah gak asing kan ditelinga kalian dan kalian pasti tau diet itu apa?

Diet mungkin bagi sebagian besar orang itu mengerikan, tapi itu sebenarnya tidak loh teman-teman. Kalian mau tau cara diet yang gak bikin nyiksa kalian. Yooo kita simak program-program latihan apa saja yang bisa bikin berat badan kita turun……

Keberhasilan diet adalah mendapatkan berat badan ideal dan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih sehat daripada sebelumnya.Setelah mengatur pola makan yang benar, tentu kita harus berolahraga agar membantu program diet yang sedang kita jalankan.
Saya punya dua cara untuk mendapatkan pembakaran lemak yang efektif yang harus kita perhatikan pada saat melakukan program diet.

Yang pertama kita lakukan latihan beban terlebih dahulu.

Latihan beban sangat mengutamakan kekuatan tubuh di dalam waktu yang lebih pendek dan membutuhkan bahan bakar yang cepat, yaitu karbohidrat (gula)
Sedangkan prinsip proses metabolisme adalah pembakaran karbohidrat terlebih dahulu dan ketika cadangan karbohidrat habis maka tubuh akan mengambil lemak sebagai bahan baku pembakaran.

Jadi pada saat karbohidrat yang kita konsumsi sudah habis terpakai sebagai bahan baku pembakaran, maka ketika kita melakukan cardio otomatis lemak kita yang terbakar (dalam hal ini cardio berguna sebagai pembakar lemak)

Apabila proses olahraga ini dibalik, layaknya yang dilakukan orang awam saat yang anda lihat di fitnes center maksudnya melakukan cardio terlebih dahulu baru melakukan latihan angkat beban maka yang terjadi adalah ketika cardio, kita hanya membakar karbohidrat dengan proses yang lambat dan setelah itu sisa dari karbohidrat akan kita pakai untuk pembakaran ketika mengangkat beban. Apakah lemak tidak terpakai? Jawabannya hanya terpakai dalam jumlah yang sedikit. Tentunya kita melakukan olahraga bertujuan untuk membakar lemak bukan? Apabila tidak terbakar secara maksimal, tentu ini akan membuat kita menjadi frustasi L
Pembentukan otot yang paling utama dalam program fatloss adalah otot-otot besar seperti dada, punggung, paha dan bahu.

Nah yang selanjutnya kita mulai memasuki program latihan yang kedua yaitu “Cardio”.

Cardio ini adalah proses yang sangat kita inginkan yaitu membakar lemak di dalam tubuh, bener kan temen-temen? Tapi yang perlu diperhatikan adalah lemak akan terbakar ketika kondisi 65% - 75% dari MHR (Maximum Hearth Rate) / detak jantung kita.

Ada beberapa macam cardio yang kita dapat lakukan di Fitness Center seperti lari di tread mill, bersepeda maupun berenang. Tapi sepertinya yang umum banyak orang lakukan di fitness center adalah tread mill.
Kita tidak perlu berlari sampai ngos-ngosan kehabisan nafas, cukup melakukan jalan cepat (kecepatan di tread mill cukup di angka 6 – 7 saja) secara konstan dan cardio yang maksimal dilakukan hanya 30-45 menit per latihan.

Apabila teman-teman merasa bimbang dan binggung dengan penjelasan di atas, dapat dilakukan percobaan untuk melihat perbedaannya.Saya sendiri dengan metode ini dapat mengurangi berat badan sebanyak 5kg perbulan dan badan yang lebih segar daripada sebelumnya.

Contoh pola latihan ketika program diet.

CHEST
  • Flat Barbell Press 4 set x 10-12 reps
  • Incline Barbell Press 3 set x 10-12 reps
  • Dumbbell Flies 4 set x 10 – 12 reps
  • Cable Crossover 3 set 10-12 reps

ABDOMINAL
  • Center Crunch 4 set x 15-20 reps

CARDIO 

Treadmill (jalan cepat) 20-30 menit

Okeeee teman-teman dua program latihan sudah saya share disini, kita tidak perlu pergi ke gym setiap hari cukup kita lakukan olahraga 3 sampai 4 kali saja untuk mendapatkan hasil maksimal. Ayoo teman-teman kita mulai lakukan program diet ini. Saya berharap program yang saya bahas disini dapat berhasil ya teman-teman. Selamat berolahraga kawan JJ


Annisa Sulistianingsih (18)