Sabtu, 18 Mei 2013

CORE TRAINING



Salam olahraga teman-teman.

 Nah sekarang saya akan membahas tentang Core Training. Apa ada yang sudah tahu tentang latihan ini?
Oke kalo begitu saya akan sedikit membahas tentang latihan core ini. Pertama-tama apa kalian semua ingin memiliki otat perut dan punggung yang bagus kan, nah ini dia latihan yang tepat untuk membentuk dan melatih otot perut dan punggung kalian agar menjadi seperti yang kalian inginkan.

Pengetian Core Training
Core training adalah salah satu latihan yang melatih core muscle (otot inti), ini adalah bagian yang paling penting dari suatu program fitness yang baik. Terkadang kita hanya berfikir bahwa melakukan sit-up dan push-up yang dapat membuat otot inti anda menjadi bagus dan mengabaikan core training ini, namun ternyata core training ini penting loh untuk melatih otot inti atau otot di sekitar perut dan punggung kalian.
Ada beberapa alasan penting untuk kalian melakukan core training ini. :
o   Meningkatkan keseimbangan dan stabilisasi tubuh anda.
Core training ini akan melatih otot-otot panggul, punggung bawah, pinggul dan perut secara harmonis, hal ini menorah pada keseimbangan dan stabilisasi yang lebih baik bagi kit
 a dalam melakukan kegiatan sehar-hari dan termasuk berbagai olahraga dan kegiatan lainnya.
o   Membantu membentuk otot perut
o   Memudahkan kita melakukan kegiatan fisik
Otot inti yang kuat membuat kita lebih mudah untuk melakukan segala sesuatu. Lemahnya otot inti akan membuat Anda rentan terhadap sikap tubuh yang buruk, sakit punggung bawah dan cedera otot.
o   Dapat dilakukan perlahan-lahan dan tidak memerlukan peralatan khusus
Kalian tidak perlu melakukan core training ini selama berjam-jam sehari, sebaliknya kalian cukup berkonsentrasi dalam melakukan setiap latihan core ini tentunya dengan teknik dan gerakan yang benar dan tepat. Tingkatan untuk awal kalian cukup melakukannya secara bertahap mulai dari 15-30detik setiap gerakan dan lakukan sampai 3 kali pengulangan setiap gerakan pada setiap latihan, dan ingatlah untuk istirahat antar seri waktu pun harus tetap seimbang yang teman. Jika kalian melatih otot inti kalian setidaknya berikan satu hari di antara latihan untuk memberikan waktu bagi otot-otot kalian untuk pulih. Latihan ini pun dapat dilakukan dirumah.
o   Membantu meraih kebugaran.
Latihan aerobik dan kekuatan otot merupakan aspek penting dari program fitness yang baik. Tapi untuk menyempurnakan program fitness kalian, maka core training juga penting untuk dimasukkan sebagai cara terbaik untuk mencapai kebugaran kalian.
o   Membantu koordinasi otak dan jaringan otot(mindmuscle conection)menjadi baik,tingkat agelity otot dan endurance lebih baik.
Mungkin itu beberapa kelebihan apabila kalian melakukan core training ini. Dan core training ini ada dua macam yakni, core training static dan dynamic, sementara itu sekarang pada sharing saya kali ini saya akan memberikan beberapa contoh gerakan core training static.

Core Exercise 1: Plank


 


Mulailah dalam posisi
seperti yang digambarkan. Jaga tubuh anda agar tetap lurus dan kaku, dan tubuh kalian ada dalam garis lurus dari telinga ke jari kaki tanpa kendur atau membungkuk. Tahan posisi 15-30 detik dan tetap mengkontrol posisi tubuh kalian agar tetap lurus.



Untuk meningkatkan kesulitan dan intensitas gerakan ini, angkat alternatif satu lengan di depan kalian sambil mempertahankan postur tubuh kalian selama 10 detik dan mengulanginya di sisi lain.




Kalian juga dapat melakukan hal yang sama dengan masing-masing kaki, dengan mengangkat kaki kalian dan menahan posisi itu selama 10 detik dan mengulangi pada kaki yang berlawanan.


Core Exercise 2: Side Plank

Disini melibatkan otot-otot yang sering diabaikan yang membantu mendukung inti - stabilisator lateral pergelangan kaki ke bahu. Ini adalah salah satu latihan sederhana dan efektif untuk membantu meningkatkan kekuatan pinggul lateral dan stabilitas dan menjaga obliques dan abdominis melintang kuat.












Mulailah dalam posisi digambarkan dan menjaga tubuh kalian kaku dari kepala sampai kaki. Tahan posisi 15-30 detik sementara mempertahankan kontrol, dan pastikan untuk melakukan kedua belah pihak!




 




Untuk meningkatkan kesulitan dan intensitas gerakan ini, alternatif mengangkat kaki kalian naik beberapa inci dan menahan selama 10 detik sambil menjaga keseimbangan kalian. Dan lakukan pula pada kedua belah pihak seperti yang diganbarkan diatas.

Yapp cukup 2 macam core training static yang saya bahas kali ini, dan masih banyak core training static dan dinamic yang lainnya yang akan saya bahas di lain waktu. Semoga dengan pembahasan saya diatas bisa membantu kalian dalam melakukan program penguatan dan penstabilasian pada otot inti kalian yahhh. Selamat berolahraga kawanJJ
Annisa Sulistianingsih (18)